Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran Fosil Prasejarah

Tak hanya terkenal dengan Museum Gula Colomadu dan Museum Batik Danar hadi nya saja, di Solo juga banyak sekali terdapat sebuah museum yang sangat terkenal dan bersejarah. Namanya yaitu Museum Manusia Purba Sangiran, sebenarnya museum satu ini lebih tepatnya berada di Sragen, kebetulan jaraknya yang sangat dekat dari Solo yaitu 17 km saja, menjadikan banyak wisatawan atau pengunjung mengenalnya sebagai tempat wisata di Solo.

Seperti namanya saja, museum ini sebenarnya situs khusus yang lebih sering di gunakan untuk pengembangan bermacam-macam bidang pengetahuan dan penelitian dibidang antropologi, arkeologi, paleoantropologi, geologi, biologi dan kepariwisataan. Eksistensi situs tersebut lebih berguna untuk mempelajari kehidupan manusia prasejarah yang di lengkapi dengan fosil manusia purba.

Tak hanya fosil-fosil saja yang ada di museum satu ini, terdapat banyak juga fosil-fosil hewan yang hidup pada jaman purba, dan banyak pula hasil-hasil kultur lainnya. Sehingga pengunjung yang datang ke Museum Manusia Purba Sangiran ini dapat belajar mengenai situs prasejarah yang mempunyai peran penting dalam memahami cara kerja evolusi pada manusia purba.

Lokasi yang dilalui oleh sebuah sungai, sehingga mempunyai sensasi tersendiri jika anda masuk ke dalam museum ini. Tak hanya itu tempat itu juga pernah mengalami sebuah pengikisan tanah, sehingga lapisan terlihat lebih sedikit terang dan berbeda dari lapisan tanah lainnya. Dari perbedaan tanah tersebut banyak penemuan fosil-fosil manusia dan hewan purba.

Museum Manusia Purba Sangiran Sebagai Metode Belajar Prasejarah Mengasikan

Situs manusia purba disini merupakan sebuah warisan dunia yang sudah di tetapkan oleh UNESCO pada tahun 1996, tepatnya tanggal 6 Desember. Situs ini mencakup 2 kabupaten yang ada di Jawa Tengah yaitu Sragen dan Karanganyar, memiliki luas 56 kilomoter persegi menjadikan situs ini sudah di akui sebagai tempat cagar alam di Jawa Tengah.

Pada tahun 1977 situs ini di bangun sebuah museum, nah museum inilah yang di namakan Museum Prasejarah Sangiran. Tujuan dari dibangunnya museum ini pertama kali yaitu karena penemuan-penemuan tersebut sudah terlalu banyak dan tidak muat ditempatkan di rumah kepala desa waktu itu. Memang sebelum adanya museum ini penemuan tersebut disimpan di rumah kepala desa.

Koleksi Museum

Banyak sekali penemuan-penemuan yang ada di museum ini banyak dari fosil manusia purba, fosil hewan bertulang belakang, fosil hewan air, batu-batuan, dan peralatan yang digunakan oleh manusia purba pada jaman dahulu. Namun tak semua fosil yang ada di pamerkan disana, ada juga yang disimpan di gudang.

Pengunjung yang datang dapat belajar mengenai perkembangan manusia purba yang hidup pada zaman dahulu dan mengabadikannya menggunakan kamera atau hp dengan latar belakang dari fosil-fosil yang di pajang tersebut, namun jangan dibuat main-main agar tetap utuh dan tidak mengalami kerusakan.

Ini sangat cocok sekali bagi para orang tua yang ingin mengenalkan para anaknya tentang kehidupan manusia purba di jaman dahulu. Hal ini sangat rekomended karena disisi lain dapat berlibur dan disisi lain dapat belajar. Ini dapat menjadi metode bagi anda para orang tua yang melihat anaknya malas belajar, lebih baik mengajak anaknya belajar di luar seperti di museum.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuknya sendiri terbilang sangatlah terjangkau, karena pihak pengelola menjatuhi harga tiket masuknya hanya Rp 8.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 11.500 untuk wisatawan asing. Adapun tambahan lainnya paling hanya uang parkir kendaraan saja.

Museum Manusia Purba Sangiran di Sragen

Fasilitas di sana juga terbilang memadai, karena sudah tersedia toilet, ruang pameran utama, gardu pandang sangiran, area parkir luas, dan masih banyak fasilitas lainnya.

Lokasi dan Rute

Bagi anda para pengunjung yang ingin datang, langsung saja menuju Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Lokasinya yang tidak jauh dari kota Solo menjadikan anda para pengunjung yang berada di titik awal Solo. Dapat langsung arahkan kendaraannya menuju arah utara, dan temukan jalan Kalijambe dan akan menemukan museum satu ini. Jarak tempuh hanya 17 km saja,menjadikan anda harus berkendara kurang lebih 20 menitan untuk sampai lokasi, jika anda berada di kota solo.

Itu dia beberapa informasi mengenai harga tiket masuk dan lokasi dari Museum Manusia Purba Sangiran, untuk anda semua yang penasaran dapat langsung saja datang ke lokasi. Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat dan keluarga.

Gravatar Image
Hallo nama saya deny, salah satu blogger asal Kab. Bogor, Jawa Barat. Saat ini aktiv untuk mengulas blog tentang dunia Teknologi, SEO, dan Wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *