Museum Batik Danar Hadi

Belajar Seni Budaya di Museum Batik Danar Hadi

Tak hanya Museum Colomadu yang terkenal di Solo, ada lagi sebuah museum yang perlu Anda kunjungi jika sedang berada di Kota Solo ini. Namanya yaitu Museum Batik Danar Hadi, seperti namanya saja Anda semua sudah dapat menyimpulkan bahwasanya yang di pajang atau di pamerkan pada museum satu ini berupa batik-batik keren dari Solo.

Tak hanya menawarkan batik-batik dari Solo saja, disana juga memiliki sebuah tempat wisata yang keren dan banyak sekali batik-batik dari daerah lain yang memiliki sejarah tinggi yang juga di pajang di dalam ruangan museum. Pastinya Anda akan lebih mengenal lebih jauh lagi mengenai batik, jika Anda mengunjungi museum batik satu ini.

Bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi museum satu ini pastinya akan mengira kalau bangunan yang memiliki arsitektur seperti balai kota ini adalah sebuah museum. Memang sekilas jika di lihat dari luar memang persis seperti bangunan-bangunan bali kota di daerah lain. Tak hanya itu bangunan yang terbilang cukup bagus ini akan membuat pengunjung akan lebih senang jika mulai memasukinya.

Di area depan museum batik ini juga pengunjung akan di manjakan pepohonan cukup rindang yang akan menambah udara bertambah sejuk. Tak hanya itu saja arsitek yang di berikan juga bernuansa kolonial belanda, di perkuat lagi dengan adanya sebuah meriam. Hal itu menjadikan sangat kental sekali nuansa kolonialnya.

Museum Batik Danar Hadi Yang Wajib Untuk di Kunjungi

Nah pastinya Anda penasaran mengenai apa saja si yang ada di dalam Museum Batik Danar Hadi di Surakarta dan berapa si harga tiket masuknya?. Oleh karena itu simak terus sampai selesai ulasan berikut ini.

Harga Tiket Masuk

Bagi Anda para pengunjung yang ingin masuk dan melihat berbagai koleksi batik yang di pajang di Museum Batik Danar Hadi Anda terlebih untuk membeli sebuah tiket masuknya. Harga tiketnya juga terbilang terjangkau mengingat apa yang di berikan pada tempat wisata berupa museum ini sangat memuaskan sekali dan yang terpenting Anda dapat belajar pula mengenai sejarah batik.

Pengelola dari Museum Batik Danar Hadi sendiri memberikan besaran harga tiket masuknya sebesar Rp 35.000 untuk setiap pengunjung yang ingin masuk, sedangkan untuk pelajar akan di kenakan biaya sebesar Rp 15.000 saja. Besaran harga tersebut Anda sudah akan di temani oleh seorang guide tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan lagi, guide tersebut akan mengajak Anda berkeliling serta memperlihatkan juga menjelaskan batik apa saja yang di pamerkan di sana.

Lokasi dan Pemesanan Museum Batik Danar Hadi

Sayangnya pengelola tak memperbolehkan kamera masuk ke dalam ruangan, sehingga pengunjung yang datang harus menitipkan barang bawaannya di depan. Pengunjung yang datang harus menghargai setiap peraturan yang di berikan oleh pihak pengelola Museum Batik Danar Hadi satu ini untuk memberikan kelancaran. Hanya ruangan-ruangan tertentu yang diperbolehkan pengunjung untuk membawa kamera dan mendokumentasikannya seperti ruangan workshop serta di luar area museum.

Daya Tarik

Berbagai ruangan di dalam museum memberikan daya tarik tersendiri dan menawarkan banyak sekali batik-batik berkelas yang di pajang. Lebih dari 10.000 lembar kain batik dengan berbagai macam rupa tersaji dan tersebar di berbagai ruangan di dalam Museum Batik Danar Hadi ini. Kebanyakan koleksi batik yang ada di sini yaitu berupa koleksi pribadi dari H.Santosa Doellah, pemberian dari pablik figur, atau batik yang didapat dari pelelangan dan pastinya ada pula batik yang di buat oleh workshop Danar Hadi sendiri.

Terdapat sebuah ruangan di dalam museum ini yang hanya memamerkan sebuah batik-batik yang di dapat dari Eropa. Gambar batik tersebut merupakan sebuah implementasi pembatik dengan beberapa cerita dunia seperti Si Kerudung Merah ataupun Hansel dan Getel. Pastinya Anda akan bertambah lagi mengenai wawasan mengenai dunia batik.

Ruangan workshop, ruangan satu ini baru pengunjung dapat membawa kamera dan dokumentasikan sebanyak-banyaknya momen Anda ketika sedang berada disana. Selain itu di ruangan ini Anda dapat mencoba untuk membatik dengan meniup-niup lilin malamnya sendiri dan buat batik sesuai keinginan pengunjung.

Ruang terakhir yang musti Anda kunjungi yaitu ruangan berupa pusat oleh-oleh, sehingga pengunjung yang datang ke museum satu ini perlu membelikan oleh-oleh bagi keluarga yang tak di ajak berlibur ke Museum Batik Danar Hadi ini. Di ruangan ini banyak sekali banyak sekali menyediakan kain batik dengan berbagai macam motif dan Anda juga yang lucu yaitu sebuah boneka yang di balut atau di lapisi dengan sebuah kain batik.

Lokasi

Pengunjung yang ingin berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi satu ini dapat langsung datang ke Jalan Brigjen Slamet Riyadi 261, Sriwedari, Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Pengunjung dapat datang kapan saja karena Museum Batik Danar Hadi buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Nah itu dia beberapa hal yang ada di Museum Batik Danar Hadi dan besaran harga tiketnya. Pengunjung yang datang sekali lagi untuk menaati peraturan yang telah di buat oleh pengelola.

Gravatar Image
Hallo nama saya deny, salah satu blogger asal Kab. Bogor, Jawa Barat. Saat ini aktiv untuk mengulas blog tentang dunia Teknologi, SEO, dan Wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *