Agrowisata Sondokoro

Wisata Edukasi Agrowisata Sondokoro Karanganyar

Banyak sekali yang dapat Anda temui jika sedang berlibur ke kota Solo, baik itu dari kebudayaan dan sejarah, kuliner, dan pastinya sebuah tempat wisata keren lainnya. Semuanya dapat di temukan secara mudah jika Anda sedang berlibur atau hanya sekedar mampir di kota Solo ini. Nah pada pembahasan kali ini, kami akan merangkum sebuah tempat menarik bernama Agrowisata Sondokoro untuk di telusuri lebih jauh lagi.

Agrowisata Sondokoro sendiri dahulunya merupakan sebuah pabrik gula terbesar yang berada di Sebuah kecamatan di Kota Solo, lebih tepatnya berada di kecamatan Tasikmadu. Sampai saat ini pabrik gula ini masih beroperasi dan mengolah produk gula. Tidak hanya pabrik gula biasa, Sondokoro memiliki sebuah nilai bersejarah pada jaman dahulu yang sangat membekas sekali. Mungkin hal itulah yang membuat para pengunjung ingin tahu lebih dalam soal Sondokoro ini.

Tidak seperti pabrik gula pada umumnya, pabrik gula satu ini di sulap menjadi sebuah tempat menarik sebagai lokasi agrowisata. Banyak sekali hal-hal unik disana yang musti Anda ketahuinya, tak hanya beroperasi dan memproduksi gula saja. Di sana pengunjung akan disuguhi dengan sebuah tempat hampir mirip seperti sebuah taman yang lokasinya tepat di depan pabrik gula tersebut, lengkap dengan tempat duduk, tanaman hias, bahkan sampai ada kolam air mancurnya, walaupun kecil.

Tak hanya kolam dan tempat duduk yang di sajikan, disana pengunjung akan di suguhi dengan sebuah lokomotif tua yang di pajang di depan pabrik gula tersebut. Konon katanya lokomotif tersebut, dahulunya merupakan sebuah transportasi yang digunakan untuk membawa gula-gula tersebut. Karena sudah tidak di gunakan lokomotif tersebut di pajang di depan, hal itu membuat pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang lokomotif tersebut atau bisa juga menaikinya.

Agrowisata Sondokoro Menjadi Wisata Jawa Tengah Yang Cukup Populer

Tak hanya sampai di situ, Agrowisata Sondokoro satu ini juga dapat di katakan sebagai tempat wisata keluarga yang begitu menyenangkan. Hal itu dikarenakan lokasinya yang begitu menenangkan dan juga memiliki cerita atau sejarah yang mungkin nantinya akan membuat Anda para pengunjung lebih penasaran lagi. Banyak sekali hal-hal menarik yang Anda telusuri bersama anak-anak, karena ini menyangkut masalah masa lampau, yang memiliki sebuah sejarah tinggi.

Asal-usul Agrowisata Sondokoro

Memiliki sebuah tempat bersejarah mungkin hampir semua kota atau daerah lain mempunyainya. Nah pada tempat wisata Agrowisata Sondokoro satu ini sendiri juga mempunyai cerita atau sejarah tersendiri yang beda dari desa-desa lainnya di Solo. Banyak cerita rakyat yang sudah melegenda, berkembang, dan banyak masyarakat yang mempercayainya akan cerita tersebut. Dan Sondokoro sendiri merupakan sebuah nama desa yang ada di kota Solo.

Mengapa dinamakan Desa Sondokoro? Menurut cerita dari warga yang mempercayainya, dahulu terdapat sebuah peristiwa pertarungan hebat yang terjadi di desa situ selama 40 hari 40 malam oleh dua Kyai hebat. Kyai tersebut bernama Kyai Sondo dan Kyai Koro, pertarungan keduanya dipicu hanya karena ingin mendapatkan seorang menantu untuk anak perempuan kesayangannya mereka. Namun sayangnya pertarungan dari Kyai Sondo dan Kyai Koro berlangsung imbang, karena keduanya berasal dari perguruan yang sama, sehingga terciptalah nama desa Sondokoro.

Untuk pabrik gulanya sendiri, namanya hanya mengikuti nama desanya saja. Hal itu dikarenakan desa tersebut terkenal sekali akan produksi gulanya yang di oleh pabrik tersebut sehingga banyak orang menyebutnya dengan pabrik gula Sondokoro. Namun saat ini, Sondokoro lebih dikenal sebagai Tasikmadu. Penggantian nama pabrik gula tersebut tak sembarangan, pergantian tersebut juga memiliki sebuah tujuan, yaitu pengharapan sebuah doa untuk kelangsungan pabrik gula tersebut agar menghasilkan gula yang banyak dengan kualitas bagus layaknya sebuah danau madu. Pergantian nama tersebut diubah oleh KGPAA Mangkunegoro IV.

Pabrik gula Sondokoro sampai saat ini masih memproduksi gula dengan lancar, serta menjadi sebuah kebanggaan warga Solo, yang lebih uniknya lagi pabrik gula satu ini dikelola dan dipegang oleh orang pribumi asli tanpa ada campur tangan dari orang asingnya. Mungkin hal itu yang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi warga Solo dan sekitarnya.

Wahana Permainan

Untuk wahana permainannya sendiri obyek wisata Sondokoro dilengkapi dengan beberapa tempat bermain anak yang begitu menyenangkan. Seperti wahana kincir mini, kolam renang, lapangan futsal mini, flying fox, taman lalulintas, mandi bola, panjat dinding, jaring laba-laba, rumah pohon, kolam terapi ikan dan masih banyak wahana lain yang akan membuat Anda dan anak Anda semakin betah.

Wahana Agrowisata Sondokoro

Selain pengelola juga menyediakan berbagai tempat-tempat yang dirasakan di butuhkan oleh para pengunjung. Seperti disediakannya area parkir kendaraan yang luas, tempat ibadah, rumah makan, kamar mandi dan toilet, live musik, home stay, toko oleh-oleh serta gazebo barang kali pengunjung cape dan ingin istirahat terlebih dahulu setelah mengelilingi lokasi wisata tersebut.

Yang akan membuat Anda tertarik jika sedang berada di tempat wisata satu ini yaitu keretanya. Tak hanya lokomotif saja yang sudah di sebutkan diatas, kereta disini juga ada yang bisa mengantarkan Anda para pengunjung untuk berkeliling lokasi pabrik gula. Namun sebelum dapat menaiki kereta tersebut pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 9 ribu saja untuk setiap orangnya.

Mungkin ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mau cape untuk mengelilingi tempat wisata pabrik gula tersebut. Kereta yang digunakan juga terbilang unik yaitu kereta tersebut berjalan dengan tenaga uap, sehingga akan membuat para pengunjung akan melihat proses petugas memasukkan kayu bakarnya sebagai sumber tenaganya sampai benar-benar bisa berjalan.

Sebenarnya kereta tersebut digunakan untuk mengangkut sebuah tebu dari luar dan dimasukkan kedalam pabrik. Namun pihak pengelola menjadikan kereta tersebut sebagai sarana wahana bagi para pengunjungnya, namun hal itu hanya dapat digunakan ketika sedang free atau belum masa panen tebu.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuknya sendiri pengunjung akan di kenakan biaya sebesar Rp 5.000 saja setiap orangnya. Dengan harga tiket sebesar itu bisa di katakan Agrowisata Sondokoro merupakan tempat wisata keluarga yang begitu murah meriah tentunya. Oleh karena itu bagi Anda semua yang ingin berkunjung ke sini jangan sampai lupa untuk mengajak teman, sahabat, tentunya keluarga agar bisa menikmati tempat wisata keren di Solo ini.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Untuk lokasinya sendiri Agrowisata Sondokoro ini berada di Jalan Mangkunegara, Bojonegoro, Ngiji, Tasikmadu, Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Untuk rutenya sendiri tergantung Anda memiliki titik awal dimana. Namun jika Anda ingin lebih mudah Anda dapat nyalakan saja hp dan masuk google maps sehingga serta ketikkan “Agrowisata Sondokoro”, maka akan ada rute jalannya yang akan mengantarkan Anda sampai tujuan.

Lokasi Agrowisata Sondokoro

Nah itu dia beberapa informasi mengenai salah satu tempat wisata di Solo yaitu Agrowisata Sondokoro yang menjadi kebanggaan dari warga Solo. Bagi Anda yang ingin mengunjunginya jangan sampai lupa untuk membawa sebuah kamera atau hp untuk mendokumentasikannya keseruan saat bermain di tempat wisata satu ini. Bagi Anda yang mengajak anak, jangan lupa untuk mengawasi ketika sedang memainkan sebuah wahana yang ada.

Gravatar Image
Hallo nama saya deny, salah satu blogger asal Kab. Bogor, Jawa Barat. Saat ini aktiv untuk mengulas blog tentang dunia Teknologi, SEO, dan Wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *